Tepung Kentang

Solenium Tuberosum, mereka menyebutnya seperti itu, sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Semula di manfaatkan orang Andes, bangsa Indian, untuk membuat chumo (makanan bangsa Indian). Selanjutnya, Spanyol mulai membawanya ke Amerika 400 tahun kemudian. Di Tahun 1950, Kentang mulai menjadi makanan pokok untuk beberapa bangsa dan bahan boga.

Indonesia, seharusnya sangat bersyukur dengan Iklim dan tanah yang sangat mendukung untuk menanam Kentang. Namun entah mengapa, kita selalu menjadi bangsa yang hampir selalu berpikir terlambat atau malah tidak berpikir sama sekali. Dengan nilai ekspor yang cukup besar, demand yang cukup tinggi, bangsa kita memilih untuk menjual begitu saja kentang – kentang basah kita. Padahal jika mereka mau sedikit bersabar, dan bersedia untuk melakukan proses tambahan mereka akan mendapatkan nilai lebih untuk itu.

Cina, Singapura dan beberapa tetangga kita membutuhkan begitu banyak kentang dan mereka melakukan proses yang saat ini kami lakukan. Selanjutnya seperti hal lain – lainnya, mengirimkannya kembali menjadi produk setengah jadi yang kita konsumsi dengan lebih mahal. Cerita Lama.

Selain kesedihan melihat hal tersebut di atas, ada hal lain lagi yang lebih konyol. Dari beberapa negara di sekitar, Indonesia mempunyai Iklim dan tanah paling top untuk menanam kentang (di kebun kita). Tapi yang menyedihkan adalah, bahkan sampai sekarang, bibit Kentang, Kita harus Import dari Australia. So Sad :(

Sebenarnya tidak terlalu rumit untuk membuat Tepung Kentang.

** Steamer

Di tempat kami, Proses di mulai dengan memasukkan bahan baku kentang basah ke dalam bak kontrol yang kemudian di semprot dengan air bertekanan tinggi. Selanjutnya dengan Ban berjalan di kirim melalu Steamer yang akan membuatnya jadi setengah matang. Proses selanjutnya adalah Crussing untu mengupasnya. Tahap akhir, Kentang akan dikirim ke dalam mesin press bertekanan tinggi dan saat bersamaan uap air akan di hisap keluar. Hasil berupa Tepung akan disimpan ke dalam Silo sebelum di packing

** Vacuum Reactor

Potensial Market… Memang Tepung Kentang saat ini tidak sepopuler batu bara ataupun BBM, tapi jangan salah, bukan hanya profiting from future yang bisa kita impikan, tapi jika kita bersedia kembali menengok sedikit, kenapa kita harus mengekspor ketang mentah dan mengimpor tepung kentang yang membuat harga menjadi selangit. Sementara permintaan dari dalam negeri sudah begitu tinggi.

Beberapa hari yang lalu, salah satu produsen susu bubuk menelpon saya, harga impor Tepung kentang semakin meroket, mencapai $ USD 9 per kilo nya, sementara Tepung Kentang adalah salah satu komponen penting mereka. Mereka meminta kami untuk bisa melayani kebutuhan mereka. Namun sayang, kemampuan modal kami tidak mencukupi untuk menambah kapasitas produksi kami. Saat ini kami hanya mampu memproduksi 200 ton/bulan tepung kentang. Dan jujur seluruhnya kami ekspor ke Singapura. Hal ini kami lakukan untuk bertahan hidup. Metode pembayaran sangat berpengaruh terhadap orientasi penjualan kami, mengingat kemampuan modal kami hanya dengkul dan sedikit tumit. Saya sungguh sangat sedih jika mengingat bahwa saya bahkan tidak mampu membantu mereka untuk tidak lagi menaikkan harga produk susunya.

Itu kenapa hari ini saya posting ini, saya berharap ada Investor – investor yang kemudian tertarik untuk membuka kegiatan usaha sejenis. Paling tidak saya berharap bahwa dalam keadaan yang semakin sulit ini jika harga Minyak semakin meroket menstimulir biaya hidup yang semakin tinggi, harga susu untuk generasi yang akan datang tidak naik juga, syukur kalau bisa turun.

Dan rasanya gak nyaman bertanding tanpa lawan seperti saat ini. We still the only one in this bloody country. Dan konyolnya, kamipun tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

About Bnoky

Concerned excessively, Complicated, Romantic, Love Seeker, Hard Worker, Open Mind, Dream Catcher View all posts by Bnoky

47 responses to “Tepung Kentang

  • muhamad aji

    tujuan pebuatan keripik kentangn dan kerupuk kentang ?

  • D sugondo

    Ini yang saya cari selama ini.
    Asal saya dari Malang, saya menekuni perdagangan kentang. Melihat fluktuasi harga yang sangat tajam, saya kasihan sama petani. Dan tepung kentang mungkin salah satu solusi. Mungkin Bapak bisa membantu saya untuk memberi informasi mengenai: instalasi mesin pengolahannya (dana yang harus disediakan). Dan informasi-informasi lain yang berkaitan.
    Demikian, bantuan dari Bapak akan saya hargai.

    Salam
    D Sugondo Spt.

  • Setyo Budi

    Salam kenal,
    Saya berasal dari dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.
    saya lulusan S1 IPB. setelah lulus Obsesi saya adalah menjadi pengusaha kentang, khususnya tepung kentang, sesuai disiplin ilmu yang saya ambil selam kuliah di IPB. Hampir mirip dengan saudara Sugondo, tapi kalau saya belum sampai bikin. saya masih merintis dengan menanam sendiri di ladang dan membangun jaringan. kebetulan saya punya beberapa relasi investor di jakarta. mohon informasi-informais mengenai instalasi, juga pendaaan. saya berharap bisa segera merealisasikan usaha ini. bahan baku di tempat saya suangat melimpah. mohon saran.
    terimakasih

  • Bintang Adi N

    Mas, saya Bintang anak Pertanian UNS jurs. THP.,.,
    Saya lagi btuh info tentang Teknologi Pengolahan Tepung Kentang secara detail.,.
    klo ada,tolong kirim ke email saya yach.,.,
    Terima kasih.,.,.

  • Akbar F R

    Mas, saya berminat serius dan tertarik untuk set up industri tepung kentang lengkap. Bisa dimulai dengan skala ekonomis terkecil dengan pengembangan kelak sesuai kebutuhan optimalisasi resources yang diperlukan. Saya tawarkan kemitraan dengan pola profit sharing.
    Mohon kerjasamanya untuk pembuatan FS.
    Terima Kasih.

    Akbar FR
    afr4biz
    (022) 703xxxx

  • Endang

    saya berdomisili di wonosobo, bahan baku kentang sangat melimpah dan sampai saat ini hanya digunakan sebagai sayur. saya sangat tertarik dan berminat untuk proses menjadi tepung kentang. bila bapak berminat untuk kerjasamam saya siap untuk menjadi mitra kerja. hubungi saya

    salam,

  • endang

    mas, mohon info investasi untuk pembuatan pabrik tepung kentang sekala menengah. pemesanan mesin dmn? tks.

    endang

  • zulkifli

    slmat siang saya joel dari lhok seumawe, NAD.
    saya ingin tau lebih jauh tentang pengolahan kentang,kebijakan dalam menentukan harga, tingkat promosi,cara pemasara.

  • Anastasia

    Pak, saya berdomisili di Wonosobo, dimana tempat kami banyak tersedia kentang yang siap menjadi bahan baku tepung kentang.dan saya butuh informasi tentang Technologi Pengolahan Tepung Kentang secara menditail termasuk alat-alat produksinya dan dimana kami harus mendapatkannya.
    Pak,apakah produksi tepung kentang bisa dilakukan secara home industri?
    Saya sudah mendapatkan Investor untuk proses produksi tersebut, saya tunggu balasan email dari bapak, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

  • Marco

    Pak, Saya marco berdomisili di Medan, sangat dekat denga source kentang yg bisa kita beli dalam jumlah besar.. kami sendiri adalah exportir rempah2 ke luar negeri.. jika memang bisnis tepung kentang ini bisa menjanjikan profit yg lumayan, kami akan bisa untuk expansi untuk pabrik tepung kentang ini.. mohon di informasikan segera ke hp saya tentang estimasi biaya untuk membuat 1 line mesin tepung tersebut..

  • M.Fardiansah

    salam kenal,
    Nama saya fardiansah, asal saya sidoarjo. saya tertarik dengan gagasan yang bapak berikan, untuk cara membuat tepung kentang lebih berkembang dan tidak tergantung terhadap barang- barang impor. yang saya tanyakan, andai kata kentang di buat menjadi tepung apakah bisa? dengan tekstur kentang mengandung kadar air lebih banyak dan sulit untuk d buat menjadi tepung? saya mohon di berikan petunjuk untuk membuat tepung kentang dengan cara tradisional seperti apa?? dan untuk cara tekhnologi menggunakan mesin seperti apa?? karena peluang bisnis untuk menjadikan tepung kentang menjadi bahan baku yang lainnya sangat banyak. terima kasih atas informasinya. kami mohon kepada bapak berkenan untuk dapat membalas pertanyaan dari kami. saya ucapkan terima kasih sebesar- besarnya..

  • mozza

    infonya sangat membantu sekali. saya sangat setuju kalau tepung kentang memiliki kandungan gizi yang banyak.bisa digunakan sebagai alternatif bila bosan dengan olahan kentang. tetapi bagi saya yang hanya ibu rumah tangga saya juga ingin sekali bisa membuat tepung kentang sendiri.tentu saja dengan cara manual. apalagi saya memiliki bayi.saya mohon bapak berkenan memberitahu cara-cara yang mudah untuk saya praktekkan sendiri di rumah.saya tunggu balasan dari bapak.saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

  • suburi rahman

    tolong beri infi tentang kentang hitam, proses pengolahannya menjadi bahan baku seperti tepung dan lainnya..
    thanks banget ya..

  • Josef Setiawan

    Dengan Hormat,
    Terima kasih atas artikel Bapak yang sangat berguna. saya wiraswasta yang tertarik dengan bisnis tepung kentang. Mohon Bapak berkenan memberi saya masukan sbb : – sumber dan jenis kentang utk tepung
    – spec. mesin utk pengolahan dari awal hingga
    finishing goods.
    – Market lokal dan internasional
    – Peta persaingan dan prospek bisnis.

    Sungguh saya sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan bapak.

    Salam Hormat, Josef.

  • Danang W

    Dengan hormat,
    Saya pernah bekerja di pershaan tepung kentang dan pernah mengikuti training mengenai mesin dan proses tepung kentang.Apabila bpk berkenan saya berharap bisa bertemu bpk untuk mempelajari lebih lanjut industri tepung kentang yang bpk kelola atau bisa memberikan informasi tambahan yang mungkin bpk perlukan.

    Demikian,saya tunggu balasan,atas perhatian bpk saya sampaikan terima kasih.
    salam hormat,Danang

  • Anak cerdas belajar keras

    Pemasaranya gmn mas?cara pemasaranya scr detail

  • rano

    Mohon Info @ Ilmux buat tepung Kentang Bos,…….

  • Eri iswandi

    Saya dari kerinci jambi. Mohon info lengkap tentang cara memperoleh mesin pengolah tepung kentang, harga mesin, dan penjualan tepung kentang. Karena di tempat saya kentang melimpah jadi saya sangat trtarik untuk memulai bisnis ini. Trims.

  • Bnoky

    Mohon Maaf untuk respon komen yang sangat lambat. Segera akan saya emailkan informasi yang di butuhkan melalui email. TErima kasih atas perhatiannya

  • kiki

    Saya dari Sukabumi-Jawa Barat,
    Sungguh artikel yang luar biasa membuka mata untuk membangun negeri, di daerah saya Sukabumi kentang sangat berlimpah dan mempunyai kualitas baik, hanya saja sampai dengan sekarang hanya untuk dijual tidak diperoses (mungkin karena kurang pengetahuan dari kami), dan saya sendiri pun merupakan supplier Kentang untuk dipasok ke Jakarta.

    Dengan ini saya tertarik untuk Investasi dalam bisnis tepung kentang ini, mohon saya diberikan cara peroses sampai dengan perospek pasar ke email saya Pak.

    Terimakasih kami atas perhatian bantuan serta ilmu yang Bapak berikan.
    Hormat saya,
    Kiki

  • rina

    mohon diberikan informasi mengenai harga mesin, bahan baku yang digunakan jenis khusus atau tidak, adakah bahan tambahan lain?
    bisakah diberikan no telp anda atau email untuk konsultasi lebih lanjut

    terima kasih

  • Gede Mastika

    Salam Hormat

    Saya sangat tertarik dengan info yang Bapak berikan pada kesempatan ini. perkenalkan saya dari Bali dan memiliki produk kentang yang lumayan banyak. selama ini kentang tsb hanya saya jual ke pasar dalam bentuk mentah dan tentunya tidak banyak nilai tambah yang saya peroleh. melalui kesempatan ini saya ingin memperoleh informasi lebih banyak lagi mengenai teknologi pengolahan kentang menjadi tepung kentang dan peralatan-peralatan (mesin) yang digunakan serta cara memperoleh mesin-mesin tersebut. saya sangat tertarik untuk bisa menjalankan usaha pengolahan ini seperti yang telah Bapak lakukan sebelumnya. kalau boleh saya mohon saya ingin sekali bertemu Bapak untuk sharing informasi lebih lanjut untuk itu bolehkah saya mengetahui alamat dan no contact dari Bapak dan bagaimana saya bisa bertemu dengan Bapak.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    Salam

  • nia

    salam kenal, saya nia mahasiswa jurusan THP.
    Saya lagi btuh info tentang Tepung Kentang secara detail.,. (cara pembuatan, dll)
    klo ada,tolong kirim ke email saya yach.,.,
    Terima kasih.,.,.

  • Bagus

    Salam Hangat,

    Saya Bagus dari jogja, Saya sangat tertarik dengan info yang Bapak berikan. Selama ini saya mensuplai kentang ke pasar dalam bentuk mentah dan tentunya harganya sangat fluktuatif, kadang-kadang petani juga rugi kalo harga sedang jatuh…
    Saya tertarik menjalankan usaha produksi tepung kentang dan ingin memperoleh informasi mengenai teknologi pengolahan tepung kentang serta peralatan-peralatan (mesin) yang digunakan.
    harapannya nilai ekonomis kentang jadi meningkat dan otomatis kesejahteraan petani juga ikut naik.
    Terima kasih
    Salam

  • livtic

    infonya bikin saya gregetan deh pak, untungnya banyak juga yang tertarik untuk membuat pabrik pengolahan kentang ya. tetapi apa mungkin saya juga memprosesnya secara sederhana paling tidak dalam skala rumah tangga? saya mohon bantuan ya pak. terimakasih

  • ekko

    you are right man,we live in this bloody country,tp saya salut dan apresiasi kepada anda tentang cara berpikir anda untuk memajukan our bloody country.keept the fight man.n don’t you give up.pengen memajukan negara seperti anda,sayang ada keterbatasan.once again SALUUT..

  • Bnoky

    Terima Kasih Pak Ekko :)

  • joe

    bisa dong kita share mengenai teknologi pengolahan tepung kentang..bisa saya dapat rincian proses pengolahan tepung , proses deril dan instalasi peralatan prosesnya, kalau tidak dimana saya bisa mendapatkan info lebih lanjut. thnks.i

  • jihan

    Saya tertarik dengan per-kentangan… Butuh informasi mengenai proses pengolahan tepung kentang secara detail. Mohon infonya ya. Terima kasih.

  • eko risdianto

    bisakah anda berbagi teknologi nya………yg lebih sederhana……krn ingin saya kembangkan
    ke petani setempat di tmpt tggl saya dlm wadah koperasi…….terima kasih

  • Ochim

    Salam..
    Saya sangat tertarik dgn artikel anda,tetapi spt yg anda tulis “Sangat menyedihkan” pabila hanya sbuah artikel. dlm kesempatan ini saya ingin mengajak anda dan semua pembaca untuk mengimplementasikan artikel ini dlm “KARYA NYATA”. Di tempat kami ( Pangalengan Bandung ) Kentang dan komoditi sayuran sangat melimpah, saya terketuk ingin mengembangkan komoditas kentang ini menjadi komoditas yg bisa menjadi “industri” bkn sekedar kami panen,kami jual basah. saya tunggu informasi instalasi yg diperlukan,pendanaan dan pemasaran tepung kentang. Trm ksh. Salam – Ochim email : ochimlink@yahoo.com Tlp. 081322722311.

  • sasmita

    saya mau tanya apa buat tepung kentang bisa dengan alat tradisional? bukan mesin2 berat. bagaimana caranya???tolong diemailkan. trims

  • maya

    saya adalah ibu rumah tangga yang suka membuat makanan cemilan untuk anak dan suami tapi di pasar sulit sekali menemukan tepung kentang, sehingga saya tertarik untuk memproduksi tpung kentang skala rumah tangga, kira-kira berapa modal yang harus dikeluarkan dan bagaimana cara mendapatkan mesinnya, tolong dibales ya pak, terima kasih.

  • Dharma Kusuma

    Saya dari sarabaya. Mohon info lengkap tentang cara memperoleh mesin pengolah tepung kentang, harga mesin, dan penjualan tepung kentang. mohon di email ke saya Trims.

  • Yudha P

    Aneh, kalau saudara masih memikirkan kesulitan tambahan modal. Saudara sudah punya pabrik pengolahan yang sudah berjalan. Ditambah lagi sudah mengeksport ke Singapura. Biasanya orang seperti anda ini bisa dengan mudah mencari pinjaman modal ke Bank dengan jaminan pabrik anda. Kalau boleh tahu di mana lokasi pabrik anda barangkali bisa membantu mencarikan solusi soal permodalan.

    • Bnoky

      terkadang situasi memang tidak seperti apa yang terlihat pak :) tapi Alhamdulillah sekarang sudah berjalan dengan baik pak. Terima kasih atas tawarannya saya simpan email dan saya sudah add facebook bapak,, kapan-kapan kami akan kontak bapak untuk membicarakan lebih lanjut. memperhatikan tanggal comment bapak, lokasi kami saat itu ada di Kejayan, pasuruan pak. Karena pertimbangan dan situasi kami, per januari 2012 kemarin, lokasi pabrik kami pindahkan di Bandung Pak.

  • Rahman

    salam kenal, saya Rahman mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti ambil.
    pa, apa boleh saya minta info mengenai mesin pengolahan Tepung kentang. kira untuk tahun sekarang pricenya berapa dan bagaimana saya dapat mendapatkan alat tersebut karena kami dari mahasiswa pertanian tertarik dengan usaha yang bapak kembangkan.

    mohon infox pa diblz di e_mail Saya.,.,
    Terima kasih.,.,.

  • Rangga Yakuza

    slam knal..
    pak saya ingin mulai meniti karir brsama 1 orang tman saya
    kami memulai dari nol untuk meraih kebutuhan shari2
    apakah bapak bersdia menuntun kami untuk bisa mengolah tepung kentang
    besar sangat harapan saya untuk bapak memberi informasi bagaimana tahapan2 cara membuat tepung kentang.

  • Wisma Fitrianurrokhmah Wahda

    saya Wisma dari Teknologi Industri IPB (sedang tingkat akhir). saya sedang mencari-cari tentang pengolahan kentang menjadi tepung saya cukup tertarik dengan tepung kentang. dan Ingin mengikuti jejak saudara. Jika berkenan, tolong share pengalaman saudara tentang usaha ini. Ingin tahu tentang hal-hal yang ditanyakan sebelumnya oleh saudara2 diatas saya. jika berkenan, kirim ke email saya.
    Terima kasih banyak

  • riko

    assalamualaikum,
    saya dari jambi saya sangat tertarik dengan pembuatan tepung kentang,
    saya maau nanya bagaimana cara saya mendapatkan mesin pembuat tepung kentang,
    mohon informasinya,

  • Muhammad Taufan

    Assallammuallaikum…

    Perkenalkan saya Muhammad Taufan mahasiswa teknologi industri pertanian dari universitas padjadjaran.
    saya sedang mencari informasi tentang proses pengolahan kentang menjadi tepung yang mencankup mesin yang digunakan, data – data tentang kentang yang dapat di jadikan tepung dan proses pemasaran kentang…info ini akan saya jadikan data dalam penyusunan Tugas akhir saya….klo berkenan dan klo ada mohon dengan sangat untuk mengirimkan ke email saya (roronopan@yahoo.com)…

    trimaksih.

  • Iwan

    Untuk jenis kentang yang di pakai, jenis apa?

    • Bnoky

      Tergantung kebutuhan output pak,,, beberapa konsumen kami menggunakan tepung kentang sebagai Katalis pada produksi Susu Bubuk, untuk keperluan tersebut kami menggunakan bahan baku kentang Kuning (kentang CIna) dengan median 25-35 cm,,, atau beberapa konsumen lain membutuhkan tepung kentang untuk kebutuhan bahan dasar Roti atau Mie, kami menggunakan Kentang Granula Median 15 cm,,, pada dasarnya semua kentang dapat di gunakan sebagai bahan dasar, kita hanya memperhatikan rendemen dan kadar pati terkandung saja untuk merencanakan output produk pak… mohon maaf atas sangat terlambatnya reply saya. Terima kasih

  • bintangnugros

    bagaimanakah cara membuat tepung kn]entang secara manual?

  • yuri prasetyo

    Kami menjual kentang granola kwalitas bagus, dan siap memasok kebutuhan produksi anda dengan kapasitas banyak, apabila membutuhkan , silahkan call : Yuri / 08122712518

  • aan rudy indriawan

    Saya Ada. Minat mau bikin pabrik tepung kentang bagaimana caranya..
    Apa ada no telp yg bisa di hub..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: